12 Maret 2011

Keripik Singkong dan Syarat Mutunya

Keripik singkong
Keripik singkong merupakan produk olahan yang berbahan dasar singkong. Badan Standarisasi Nasional mendefinisikan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) bahwa keripik singkong adalah produk makanan ringan, dibuat dari umbi singkong (Manihot sp) diiris/dirajang, digoreng dengan atau tanpa penambahan bahan makanan yang lain dan tambahan makanan yang diizinkan.

Bahan dasar keripik singkong ini, singkong (Manihot utilissima), cukup potensial untuk dikembangkan, karena singkong merupakan tanaman yang sudah sangat dikenal oleh petani dan dapat ditanam dengan mudah. Singkong mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi yaitu sebanyak 32.4 dan kalori 567.0 dalam 100 gram singkong. Singkong juga merupakan tanaman yang sangat fleksibel dalam usaha tani dan umur panen. Lahan untuk tanaman singkong tidak harus khusus, dan tidak memerlukan penggarapan intensif seperti halnya untuk tanaman hortikultura lainnya, misal sayuran (Suprapti, 2005).

Keripik singkong ini merupakan suatu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal tersebut memunculkan banyak industri-industri pangan yang memproduksi keripik singkong sehingga kini tidak lagi industri kecil, bahkan kini telah berkembang pesat industri besar, dimana industri ini mengolahnya dan mengemasnya lebih baik dibandingkan dengan dengan industri keripik singkong rumahan atau kecil. Kini mutu dan kualitas dari keripik singkong sangat diperhatikan.

Di atas merupakan tabel syarat mutu dari keripik singkong, dimana data ini sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Dalam table tersebut dapat dilihat batas-batas yang seharusnya, baik dari kadar air, kadar FFA, kerenyahan, dan juga aroma dari keripik singkong. Hal-hal tersebutlah yang mempengaruhi mutu dan kualitas dari keripik singkong yang dihasilkan.
-----------------------------------------------------------------------

Referensi :
-Badan Standarisasi Nasional. SNI Keripik Singkong. SNI 01-4305-1996
-Suprapti, M.L. 2005. Tepung Tapioka: Pembuatan dan Pemanfaatannya. Kanisius, Yogyakarta.

0 komentar:

Sekilas Berita

Loading...

 
Design by Free WordPress Themes | Customized by Blurry Eyes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons